3.25.2012

Manfaat Vitamin K

Vitamin K sangat berperan dalam proses pembekuan darah dan juga berperan penting dalam proses pembentukan tulang bersama kalsium dan vitamin D. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah sehingga menyebabkan perdarahan yang sulit membeku. Bayi yang baru lahir sangat mudah mengalami perdarahan karena sistem pencernaan bayi yang baru lahir masih steril dan tidak mengandung bakteri yang dapat mensintesis vitamin K sementara air susu ibu mengandung hanya sejumlah kecil vitamin K. Untuk itu bayi diberi sejumlah vitamin K saat lahir untuk mencegah kekurangan vitamin K.

Gejala dan tanda kekurangan vitamin K
Kekurangan vitamin K jarang terjadi tetapi jika terjadi kekurangan vitamin K maka dapat menyebabkan masalah dengan pendarahan dan pembekuan darah. Dokter mungkin akan meresepkan vitamin K jika hal ini terjadi. Vitamin K juga sering diberikan secara rutin kepada bayi yang baru lahir untuk mencegah masalah pendarahan.

Gejala keracunan vitamin K
Keracunan vitamin K sangat terjadi kecuali bagi mereka yang konsumsi suplemen vitamin K berlebih. Gejala keracunan vitamin K dapat berupa hemolisis sel darah merah, penyakit kuning dan kerusakan otak.

sumber yang mengandung vitamin K adalah susu, kuning telur, sayuran segar, dkk


1 komentar:

  1. penting juga ya vitamin K ini untuk menjaga tubuh kita.

    BalasHapus