4.30.2012

Cara Menghilangkan Luka dan Pertolangan Pertama


Cara menghilangkan luka dan pertolongan pertama adalah tindakan yang harus diperhatikan kepada siapa saja yang terjadi luka. Siapa yang belum pernah terluka? setiap kita pasti pernah terluka, baik itu lecet, tergores, maupun luka memar akibat jatuh. Lebih lebih bagi anak-anak yang bandel, banyak tingkah dan suka mainan yang ekstrim. Cedera atau luka adalah sesuatu kerusakan yang terjadi pada struktur atau fungsi tubuh yang disebabkan karena suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi. Luka yang akan kita bahas disini adalah luka fisik, bukan luka batin atau perasaan (sakit hati.com).

Banyak obat apotik yang mengandung antiseptik sebagai pertolongan pertama supaya tidak infeksi. Tapi jangan dikira bahwa disekitar kita juga banyak obat alami yang mengandung antiseptik dan mampu secara efektif menyembuhkan luka tersebut. Antiseptik atau germisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa, sehingga luka bisa cepet kering dan sembuh.  


Apabila kita terluka atau berdarah biasanya yang kita rasakan adalah nyeri yang luar biasa. Tapi selain itu juga kita khawatir dengan bekas luka yang ditimbulkannya apakah nanti bisa hilang atau membuat bekas seumur hidup. Berbagai cara ditempuh untuk menghilangkan noda bekas luka tersebut karena umumnya kita malu jika bekas luka yang berbekas itu dilihat banyak orang.

BERIKUT INI ADA BEBERAPA TIPS CARA MENGOBATI LUKA SECARA ALAMI DAN JUGA PERTOLONGAN PERTAMA:

Pengobatan
  • Segera bersihkan luka pada saat terjadi dengan air bersih. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan kotoran dan bakteri yang mampir di luka tersebut. Apabila luka jatuh ditempat yang kotor sehingga luka berlumur tanah. Dianjurkan tidak menggunakan antiseptik karena bisa merusak kulit dan membuat luka lebih lama.
  • Ambil beberapa lembar daun dewa, dicuci kemudian dibakar sampai layu kemudian tempelkan pada luka secara rutin sampai luka terlihat kering.
  • lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati luka dengan memotek bagian dagingnya, lalu oleskan lendir yang dikeluarkan lidah buaya tersebut. Hal ini juga terbukti mampu menghilangkan bekas lukanya. Asal sabar dan telaten dalam mengoleskannya.
  • Bekicot atau siput juga dipercaya mengobati luka dengan cepat. Ambil satu bekicot lalu pecahkan ujung cangkan sampai keluar lendir bekicot tersebut. oleskan 2 kali sehari pagi sore, maka luka akan cepet kering.

Menghilangkan bekas luka
  1. Rendam beras biasa sebanyak setengah ons selama 15 menit, angkat lalu tumbuk bersama setengah ons kencur. Setelah hancur merata oleskan ke bekas luka kita setiap hari selama dua minggu.
  2. Oleskan madu lebah begitu luka tersebut terjadi. Luka akan cepat kering serta bekas lukanya dengan pemberian madu lebah tersebut secara rutin maka akan hilang.
Demikian cara menghilangkan luka secara alami, Silahkan mencoba, semoga lukanya cepet sembuh ya...


Sumber : http://www.sehatjasmani.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar