3.25.2012

Manfaat Vitamin A

Manfaat vitamin A
Vitamin A penting untuk pemeliharaan sel kornea dan epitel dari penglihatan. Vitamin A juga membantu pertumbuhan dan reproduksi tulang dan gigi. Selain itu vitamin A juga berperan dalam pembentukan dan pengaturan hormon serta membantu melindungi tubuh terhadap kanker (beta carotene).

Tanda kekurangan vitamin A
Gejala dan tanda pertama dari kekurangan vitamin A biasanya adalah rabun senja (kesulitan melihat di malam hari).Kemudian akan timbul pengendapan berbusa (bintik Bitot) dalam bagian putih mata (sklera) dan kornea bisa mengeras dan membentuk jaringan parut (xeroftalmia), yang bisa menyebabkan kebutaan yang menetap. Kekurangan vitamin A juga menyebabkan peradangan kulit (dermatitis) dan meningkatkan kemungkinan terkena infeksi. Beberapa penderita mengalami anemia.
Kekurangan vitamin A juga dapat mencegah pertumbuhan tulang, atau menyebabkan perubahan bentuk tulang, membentuk celah dan kerusakan pada gigi dan terhentinya pertumbuhan sel-sel pembentuk gigi. Sebagai tambahan, kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi sistem tulang dan syaraf, dan dapat mengakibatkan kelumpuhan.

Dosis kebutuhan harian vitamin A
Kebutuhan harian vitamin A Berdasarkan rekomendasi US Recommended Daily Allowance (RDA) untuk orang dewasa adalah: 900 mikrogram per hari (3.000 IU) untuk pria dan 700 mikrogram per hari (2.300 IU) untuk perempuan. Untuk wanita hamil 19 tahun dan lebih tua, 770 mikrogram per hari (2.600 IU) yang dianjurkan. Untuk wanita menyusui 19 tahun ke atas, 1.300 mikrogram per hari (4.300 IU) yang dianjurkan.
Untuk anak – anak dibawah 18 tahun kebutuhan vitamin A berdasarkan rekomendasi US Recommended Daily Allowance (RDA) adalah : untuk anak-anak berusia 1-3 tahun, 300 mikrogram per hari (1.000 IU); untuk anak-anak berusia 4-8 tahun, 400 mikrogram per hari (1.300 IU), dan untuk anak-anak 9-13 tahun berusia 600 mikrogram per hari (2.000 IU).

Keracunan vitamin A
Keracunan vitamin A terjadi pada saat protein yang mengikatnya telah terpenuhi sehingga vitamin A yang bebas dapat menyerang sel-sel tubuh. Hal ini tidak terjadi jika vitamin berasal dari makanan sehari-hari, tetapi hal ini dapat terjadi jika seseorang menggunakan suplemen vitamin A. keracunan vitamin A memiliki gejala yang kurang spesifik seperti sakit kepala, pusing, kelelahan, malaise, pandangan kabur, nyeri tulang dan pembengkakan, mual, dan / atau muntah. Keracunan berat dapat menyebabkan kerusakan mata, tingkat tinggi kalsium, dan kerusakan hati.

Sumber : http://dokter-herbal.com/vitamin-a.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar