6.12.2012

Menggunakan Masker Penting ?

Masker atau yang biasa dikenal dengan penutup mulut itu sangat penting manfaatnya yaitu menghindari debu, menutup bau yang tidak sedap. Kadang banyak orng yang tidak memperdulikan besarnya manfaat dari masker tersebut karena di bilang ribet lah, susah ataupun bikin sesak nafas. Padahal efek yang ditimbulkan dari penggunaan masker juga untuk diri sendiri bukan untuk orang lain. Seperti di lingkungan Jakarta yang dikenal lingkungannya banyak sekali polusi udara, banyaknya pengguna jalan yang menggunakan motor, pabrik di sana sini, bengkel yang melayani servise, dan masih banyak lagi. Polusi yang di timbulkan antara daerah Jakarta dengan daerah lain mungkin Jakarta lebih parah, dilihat dari banyaknya orang yang tinggal bahkan padat sekali sampai daerah yang notabene daerah kumuh pun tak luput menjadi tempat tinggal. Bau yang tidak sedap sering kali kita temukan di jalan jalan yang sempit, atau gang masuk kampung yang kita perhatikan untuk mengalir air kotor pun susah sehingga timbul bau yang tak sedap. Nah, di situ manfaat dari masker yang kita pakai. Mungkin bau yang ditimbulkan dari air kotor bisa membawa penyakit yang dapat menyebabkab badan kita sakit, dan masih banyak lagi penyakit yang ditimbulkan.
Debu jalanan yang banyak sekali berterbangan, dan asap kendaraan yang ditimbulkan oleh motor ataupun mobil juga membahayakan tubuh kita. Debu mungkin membawa penyakit yang mungkin tidak kita ketahui, misalnya ada kotoran binatang ataupun kotoran manusia, bangkai tikus dll, sudah terurai dan kering bercampur dengan tanah dan menjadi debu yang akan terbang bila terkena angin secara tidak langsung akan masuk ke dalam tubuh kita, dan bisa membawa bakteri ataupun virus menyebabkan badan kita terkontaminasi dengan penyakit. Itu semua akan merugikan kita tanpa kita sadari. Asap knalpot bahkan juga membawa dampak yang sangat kontradiktif bagi tubuh kita. Gas buang yang ditimbulkan mengandung racun seperti gas CO2 dll, yang dapat membahayakan paru-paru kita. Oleh karena itu, gunakan masker demi tubuh kita yang sangat mahal harganya.
Pabrik yang membuang limbahnya tanpa ada analisis mengenai dampak lingkungan juga sangat membahayakan selain dari bau yang tidak sedap, terus adanya limbah yang mengandung logam dll sangat membahayakan tubuh kita bahkan membawa penyakit. seperti gatal-gatal, dll. Di sini diperlukan kepekaan dari diri sendiri akan lingkungan tempat tinggal. Kepedulian masyarakat akan lingkungan sangat dibutuhkan guna meminimalisasi dampak terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh kotoran.
Bengkel yang melayani service terhadap kerusakan kendaraan ataupun perwatan berkala juga banyak menimbulkan polusi. Sebagai mekanik saya mengalami sendiri dampak penggunaan pembersih ruang bakar dalam perawatan asap yang ditimbulkan sangat banyak, bau dll. Gas buang karbondioksida CO2, sangat berpengaruh terhadap tubuh, dari mudah lelah, letih, lemas, bahkan yang sangat bahaya merusak paru-paru. Sangat riskan dan bahaya sekali untuk jangka panjang bila tidakmenggunakan masker atau pelindung mulut dan hidung. Namun masih banyak sekali yang tidak menggunakan masker sehingga teman saya sendiri sakit paru-paru akibat asap rokok dan asap mobil.
Penggunaan masker sangat lah penting demi keselamatan dan kesehatan kita, mahal sekali untuk harga sehat. Bahkan sehat itu akan terasa bila kita sudah merasa sakit, maka dari itu marilah kita bersama sama untuk menjaga lingkungan, kesehatan tubuh kita. Masker merupakan salah satu alat untuk menjaga tubuh kita dari semua penyakit, meskipun tidak semua tapi akan meminimalisasi penyakit yang akan datang. Tapi tidak menutup kemungkinan masih banyak faktor yang ditimbulkan terhadap pencemaran lingkungan. Besar kecilnya manfaat yang dirasakan itu secara tidak langsung akan membawa kita dalam perubahan hidup.

Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar