3.30.2012

Manfaat Ikan Laut


Tahukah Anda tentang manfaat ikan laut yang sering kita makan. Ternyata sangat banyak sekali, karena Ikan laut mengandung yodium dan sangat bermanfaat bagi otak. terutama ikan asin sangat baik kandungan yodiumnya. yodium bermanfaat untuk mencegah penyakit gondok dan dapat mengurangi produksi hormon thyroid yang bisa melemahkan daya kerja otak .

Perkembangan Informasi memang membuat banyak perubahan dalam perilaku kesehatan masyarakat. Dulu ada anggapan. “Kalau kebanyakan makan ikan , bisa cacingan,” sehingga banyak anak kecil enggan makan ikan.Sekarang, banyak makan ikan malah dianjurkan, karena dipercaya dapat mencegah gangguan jantung.

Tampaknya dari berbagai studi kesehaatn yang menghubungkan manfaat ikan laut dengan jantung menunujukan bahwa jenis hewan ini benar- benar bersahabat dengan organ jantung. Sampai saat ini, memang sudah lebih dari 5.000 publikasi penelitian di dunia melaporkan manfaat  ikan laut terhadap kesehatan jantung saja.

Salah satu studi tertua adalah yang dilakukan dua peneliti Denmark pada tahun 1970. Mereka menemukan fakta rendahnya kasus kematian orang Eskimo akibat Penyakit jantung Koroner (PJK) walaupun mereka banyak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi.Rahasia dibalik fakta tersebut ternyata orang Eskimo mempunyai kebiasaan menyantap daging ikan.

Inilah manfaat yang terkandung didalam ikan laut


Manfaat ikan laut Bisa dilihat dari daging ikan. Ternyata daging ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berperan dalam melindungi jantung. Daging ikan ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah, memperbaiki fungsi dinding pembuluh darah.menurunkan tekanan darah,mencegah terjadinya penggumpalan darah, dan sangat diperlukan untuk pembentukan otak.

Deretan manfaat ikan laut ini bagi jantung masih bertambah lagi seiring penelitian para ilmuwan. Salah satu yang terbaru adalah mencegah timbulnya fibrilasi atial ( FA), suatu jenis gangguan irama jantung yang sering terjadi pada orang tua. Bukti ini dimuat dalam jurnal Circulation- sebuah jurnal kesehatan terkemuka- pada tahun 2004.



Beruntunglah kita yang tinggal di negara yang mempunyai bentangan laut yang sangat luas dengan segala kekayaan alam yang ada di dalamnya, khususnya ikan laut. Meskipun tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan negara negara lain, tapi grafiknya terus meningkat dari tahun ke tahun.
Manfaat Ikan laut memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat komplit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi ikan laut sejak dini dapat meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak anak serta mencegah datangnya beberapa penyakit degeneratif (penyakit yang mengiringi proses penuaan).
Salah satu kandungan gizi yang sangat penting pada manfaat ikan laut adalah omega 3 (EPA dan DHA). Beberapa jenis ikan laut dengan kandungan omega 3 yang banyak dijual di pasaran Indonesia adalah ikan tuna, ikan tongkol, ikan tenggiri, ikan layang, ikan kembung dan ikan lemuru.
Namun dalam mengkonsumsi  ikan laut, sebaiknya Anda memperhatikan faktor distribusinya. Artinya, daya tahan ikan relatif pendek, sehingga harus cepat dikonsumsi dalam kondisi segar. Anda juga perlu teliti terhadap hasil olahan ikan, seperti ikan asin, ikan teri kering, atau sarden. Sejumlah temuan memberikan informasi bahwa cara pengolahan ikan secara tradisional, seperti pada pembuatan ikan asin, sering terjadi secara tidak higienis. Saat pengolahan atau penjemuran pada proses pembuatan ikan asin, tak jarang terkontaminasi dengan lalat.
Selain itu yang juga tak kalah pentingnya adalah pengolahan yang kita lakukan saat memasak ikan untuk konsumsi keluarga. Kandungan asam lemak omega 3 ternyata mudah rusak dalam proses pemanasan atau penggorengan yang terlalu lama. Suhu tinggi di atas 80 derajat celsius juga dapat mengurangi banyak kandungan gizi ikan. Oleh karena itu agar kita memperoleh manfaat ikan laut secara optimal, jangan memasak di atas suhu 80 derajat dan dalam waktu yang lama.
Artikel manfaat Ikan Laut disadur dari beberapa sumber semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar